Tugas Ilmu Alamiah Dasar - Alfi syifa muthia

A. Pengertian Filsafat
Filsafat menurut para ahli
·
Cicero ( (106 –
43 SM ) : filsafat adalah sebagai “ibu dari
semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat
sebagai ars vitae (seni kehidupan )
- Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.
- Paul Nartorp (1854 – 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .
Jadi
kesimpulan yang dapat diambil dari pengertian beberapa ahli tentang filsafat
adalah ilmu dasar , ilmu dari segala ilmu, atau sumber ilmu yang dicari
kebenaran dari seluruh kenyataan atau perisyiwa yang dialami oleh manusia.
B. Pengertian Ilmu
Ilmu
Pengetahuan
adalah segala sesuatu yang diketahui, segala sesuatu yang diketahui berkenaan
dengan hal (mata pelajaran) (Tim penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002).
Pengetahuan
ialah merupakan hasil “tahu” dan ini terjadi setelah orang melakukan
penginderaan terhadap suatu obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui
panca indera manusia yaitu : indera penglihatan, pendengaran,
penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh
melalui mata dan telinga. (Soekidjo, Notoadmodjo 2003)
Jadi,
kesimpulan yang dapat saya ambil tentang pengertian ilmu adalah segala sesuatu
yang diketahui yang didapat setelah melakukan penelitian terlebih dahulu. atau
ilmu adalah segala sesuatu yang diketahui berdasarkan fakta.
C.
Pengertian Ilmu Pengetahuan
ilmu
pengetahuan adalah sebuah sarana atau definisi tentang alam semesta yang
diterjemahkan kedalam bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia sebagai usaha
untuk mengetahui dan mengingat tentang sesuatu.
ilmu
pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki,
menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan
dalam alam manusia
Menurut
DR. Moh. Hatta ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur
tentang hukum umum, sebab- akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya
sama, baik menurut kedudukannya maupun menurut hubungannya.
Jadi,
kesimpulannya ilmu pengetahuan adalah definisi tentang alam yang diterjemahkan
kedalam bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia berdasarkan kenyataan dan
dibuat untuk meningkatkan pemahaman manusia tentang alam semesta.
Persamaan
dari Ketiga hal diatas:
Perbedaan
dari Ketiga hal diatas :
v
Pengetahuan mencoba merumuskan pertanyaan
atas jawaban, memandang obyek hanya secara umum. Obyek penelitiannya
terbatas, hanya bertugas memberikan jawaban.
v
Filsafat cenderung kepada hal yang
dipelajari dari sebuah buku panduan, berusaha mengintegrasikan ilmu- ilmu.
v
Ilmu
Pengetahuan ilmu
pengetahuan adalah definisi eksperimental, ilmu pengetahuan dapat sampai pada
kebenaran melalui kesimpulan logis.
D.
Pengertian Mitos
v
Mitos (bahasa yunani: μῦθος— mythos)
atau mite (bahasa belanda : mythe) adalah
ceritaprosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung
penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta
dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.
Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita
tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan
para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural,
dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai peristiwa yang dilebih-
lebihkan , sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau
sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk
menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat
tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.
Contoh dari mitos :
- Hewan Tengah Laut terlihat dibibir pantai mitos ini sudah ada pada zaman romawi kuno, jadi jika ada hewan laut seperti lumba lumba atau paus mendekat ke bibir pantai maka itu mendadakan ditempat atau wilayah tersebut maka akan terjadi bencana. sedangkan di Australia kuno jika hewan laut tersebut berkeliaran dan mengeluarkan suara yang menyedihkan itu adalah tanda tanda akan terjadi bencana.
- Anak Gadis yang belum menikah atau masih perawan dilarang makan makanan asam/ rujak jika sudah sore hari atau setelah waktu ashar, karena akan berdampak pada saat dia mau menikah nanti. pernikahannya akan mengalami kehambatan.
E. Pengertian Legenda
Legenda adalah , peristiwa yang dianggap benar-benar terjadi
tetapi tidak dianggap suci dan oleh yang empu- nya cerita sebagai suatu yang
benar-benar terjadi dan juga telah dibumbui dengan keajaiban, kesaktian, dan
keistimewaan tokohnya. Legenda ditokohi oleh manusia, ada kalanya mempunyai
sifat-sifat luar biasa dan sering kali juga dihubungkan dengan makhluk ajaib.
Peristiwanya bersifat sekuler (keduniawian), dan sering dipandang sebagai
sejarah kolektif. Oleh karena itu, legenda seringkali dipandang sebagai
”sejarah” kolektif (folkstory). Walaupun demikian, karena tidak tertulis
maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga seringkali jauh
berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak
dipergunakan sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah maka legenda
harus bersih dari unsur-unsur yang mengandung sifat-sifat folklor.
Contoh Legenda :
Batu Menangis ( Kalimantan Barat )
Pada jaman dahulu kala, di sebuah
daerah terpencil di Kalimantan Barat hiduplah seorang ibu, dan putrinya. ibu
itu janda karena ditinggal oleh suaminya meninggal dunia. putrinya benama
darmi. ibu dan anak itu hidup miskin. ibu darmi bekerja sebagai buruh
tani pada ladang oranglain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. sementara
putrinya, darmi hanya bermalas malasan dirumah. dioa hanya bisa meminta kepada
ibunya saja. sampai pada suatu hari, sang anak meminta sang ibu membelikan alat
kecantikkan. tetapi sang ibu tidak mengetahuinya, dengan dipaksa sang ibu
akhirnya darmi mau diajak kepasar tetapi dengan syarat sang ibu harus berjalan
dibelakangnya. saat dijalan ia bertemu dengan temannya dan ia tidak mengakui
ibunya. ia bilang kepada temannya kalau ibunya itu adaalah pembantunya. maka sang
ibu pun merasa sedih dan sudah tidak sanggup menahan rasa sakit hati terhadap
ucapan anaknya tersebut. lalu sang ibu duduk ditepi jalan, dan berdoa
" Ya Tuhan aku sudah tidak sanggup dengan sikap anakku yang durhaka ini,
maka berilah dia hukuman yang setimpal" seketika langit menjadi mendung
lalu darmi tiba tiba merasa kalau kakinya tidak bisa digerakkan, ia menangis
dan meminta maaf sambil menangis kepada sang ibu namun semuanya sudah percuma
ia tetap menjadi berubah menjadi batu. orang orang tersebut menyebutnya
BATU MENANGIS.
F. Pengertian Cerita Rakyat
Cerita rakyat adalah sebagian
kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pada umumnya,
cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal
muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya
diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa.
Contoh Cerita Rakyat :
ASAL MUASAL KARANG BOLONG
Beberapa abad yang lalu tersebutlah Kesultanan Kartasura. Kesultanan sedang dilanda kesedihan yang mendalam karena permaisuri tercinta sedang sakit keras.
Pangeran sudah berkali-kali memanggil tabib untuk mengobati sang permaisuri, tapi tak satupun yang dapat mengobati penyakitnya. Sehingga hari demi hari, tubuh sang permaisuri menjadi kurus kering seperti tulang terbalutkan kulit.
Kecemasan melanda rakyat kesultanan Kartasura. Roda pemerintahan menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya. "Hamba sarankan agar Tuanku mencari tempat yang sepi untuk memohon kepada Sang Maha Agung agar mendapat petunjuk guna kesembuhan permaisuri," kata penasehat istana.
Tidak berapa lama, Pangeran Kartasura melaksanakan tapanya. Godaan-godaan yang dialaminya dapat dilaluinya. Hingga pada suatu malam terdengar suara gaib.
"Hentikanlah semedimu. Ambillah bunga karang di Pantai Selatan, dengan bunga karang itulah, permaisuri akan sembuh."
Kemudian, Pangeran Kartasura segera pulang ke istana dan menanyakan hal suara gaib tersebut pada penasehatnya.
"Pantai selatan itu sangat luas. Namun hamba yakin tempat yang dimaksud suara gaib itu adalah wilayah Karang Bolong, di sana banyak terdapat gua karang yang di dalamnya tumbuh bunga karang," kata penasehat istana dengan yakin.
Keesokannya, Pangeran Kartasura menugaskan Adipati Surti
untuk mengambil bunga karang tersebut. Adipati Surti memilih dua orang
pengiring setianya yang bernama Sanglar dan Sanglur. Setelah beberapa hari
berjalan, akhirnya mereka tiba di karang bolong. Di dalamnya terdapat sebuah
gua. Adipati Surti segera melakukan tapanya di dalam gua tersebut. Setelah
beberapa hari, Adipati Surti mendengar suara seseorang.
"Hentikan semedimu. Aku akan mengabulkan permintaanmu, tapi harus kau penuhi dahulu persyaratanku."
Adipati Surti membuka matanya, dan melihat seorang gadis cantik seperti Dewi dari kahyangan di hadapannya. Sang gadis cantik tersebut bernama Suryawati. Ia adalah abdi Nyi Loro Kidul yang menguasai Laut Selatan.
"Hentikan semedimu. Aku akan mengabulkan permintaanmu, tapi harus kau penuhi dahulu persyaratanku."
Adipati Surti membuka matanya, dan melihat seorang gadis cantik seperti Dewi dari kahyangan di hadapannya. Sang gadis cantik tersebut bernama Suryawati. Ia adalah abdi Nyi Loro Kidul yang menguasai Laut Selatan.
Syarat yang diajukan Suryawati, Adipati harus bersedia
menetap di Pantai Selatan bersama Suryawati.
Setelah lama berpikir, Adipati Surti menyanggupi syarat Suryawati. Tak lama setelah itu, Suryawati mengulurkan tangannya, mengajak Adipati Surti untuk menunjukkan tempat bunga karang. Ketika menerima uluran tangan Suryawati, Adipati Surti merasa raga halusnya saja yang terbang mengikuti Suryawati, sedang raga kasarnya tetap pada posisinya bersemedi.
"Itulah bunga karang yang dapat menyembuhkan Permaisuri," kata Suryawati seraya menunjuk pada sarang burung walet.
Jika diolah, akan menjadi ramuan yang luar biasa khasiatnya. Adipati Surti segera mengambil sarang burung walet cukup banyak. Setelah itu, ia kembali ke tempat bersemedi. Raga halusnya kembali masuk ke raga kasarnya.
Setelah mendapatkan bunga karang, Adipati Surti mengajak kedua pengiringnya kembali ke Kartasura. Pangeran Kartasura sangat gembira atas keberhasilan Adipati Surti.
"Cepat buatkan ramuan obatnya," perintah Pangeran Kartasura pada pada abdinya. Ternyata, setelah beberapa hari meminum ramuan sarang burung walet, Permaisuri menjadi sehat dan segar seperti sedia kala. Suasana Kesultanan Kartasura menjadi ceria kembali. Di tengah kegembiraan tersebut, Adipati Surti teringat janjinya pada Suryawati. Ia tidak mau mengingkari janji. Ia pun mohon diri pada Pangeran Kartasura dengan alasan untuk menjaga dan mendiami karang bolong yang di dalamnya banyak sarang burung walet. Kepergian Adipati Surti diiringi isak tangis para abdi istana, karena Adipati Surti adalah seorang yang baik dan rendah hati.
Setelah lama berpikir, Adipati Surti menyanggupi syarat Suryawati. Tak lama setelah itu, Suryawati mengulurkan tangannya, mengajak Adipati Surti untuk menunjukkan tempat bunga karang. Ketika menerima uluran tangan Suryawati, Adipati Surti merasa raga halusnya saja yang terbang mengikuti Suryawati, sedang raga kasarnya tetap pada posisinya bersemedi.
"Itulah bunga karang yang dapat menyembuhkan Permaisuri," kata Suryawati seraya menunjuk pada sarang burung walet.
Jika diolah, akan menjadi ramuan yang luar biasa khasiatnya. Adipati Surti segera mengambil sarang burung walet cukup banyak. Setelah itu, ia kembali ke tempat bersemedi. Raga halusnya kembali masuk ke raga kasarnya.
Setelah mendapatkan bunga karang, Adipati Surti mengajak kedua pengiringnya kembali ke Kartasura. Pangeran Kartasura sangat gembira atas keberhasilan Adipati Surti.
"Cepat buatkan ramuan obatnya," perintah Pangeran Kartasura pada pada abdinya. Ternyata, setelah beberapa hari meminum ramuan sarang burung walet, Permaisuri menjadi sehat dan segar seperti sedia kala. Suasana Kesultanan Kartasura menjadi ceria kembali. Di tengah kegembiraan tersebut, Adipati Surti teringat janjinya pada Suryawati. Ia tidak mau mengingkari janji. Ia pun mohon diri pada Pangeran Kartasura dengan alasan untuk menjaga dan mendiami karang bolong yang di dalamnya banyak sarang burung walet. Kepergian Adipati Surti diiringi isak tangis para abdi istana, karena Adipati Surti adalah seorang yang baik dan rendah hati.
Adipati Surti mengajak kedua
pengiringnya untuk pergi bersamanya. Setelah berpikir beberapa saat, Sanglar
dan Sanglur memutuskan untuk ikut bersama Adipati Surti.
Setibanya di Karang Bolong, mereka membuat sebuah rumah sederhana. Setelah selesai, Adipati Surti bersemedi. Tidak berapa lama, ia memisahkan raga halus dari raga kasarnya.
"Aku kembali untuk memenuhi janjiku," kata Adipati Surti, setelah melihat Suryawati berada di hadapannya.
Kemudian, Adipati Surti dan Suryawati melangsungkan pernikahan mereka. Mereka hidup bahagia di Karang Bolong. Di sana mereka mendapatkan penghasilan yang tinggi dari hasil sarang burung walet yang semakin hari semakin banyak dicari orang.
Setibanya di Karang Bolong, mereka membuat sebuah rumah sederhana. Setelah selesai, Adipati Surti bersemedi. Tidak berapa lama, ia memisahkan raga halus dari raga kasarnya.
"Aku kembali untuk memenuhi janjiku," kata Adipati Surti, setelah melihat Suryawati berada di hadapannya.
Kemudian, Adipati Surti dan Suryawati melangsungkan pernikahan mereka. Mereka hidup bahagia di Karang Bolong. Di sana mereka mendapatkan penghasilan yang tinggi dari hasil sarang burung walet yang semakin hari semakin banyak dicari orang.
daftar pustaka:
http://sulviagushandayani.blogspot.com
http://psvk7khamis.wordpress.com/tema-4/warisan-kepelbagaian-budaya-malaysia/cerita-rakyat-pelbagai-kaum/cerita-rakyat-kaum-india/
http://www.kolomayah.info/cerita-rakyat.html


Komentar
Posting Komentar