Tugas Ilmu Alamiah Dasar - Alfi syifa muthia



ILMU ALAMIAH DASAR
FILSAFAT, PENGETAHUAN, ILMU PENGETAHUAN

A. Pengertian Filsafat
Filsafat menurut para ahli
·         Cicero ( (106 – 43 SM ) : filsafat adalah sebagai “ibu dari semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan ) 
  • Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.
  • Paul Nartorp (1854 – 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .
  Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari pengertian beberapa ahli tentang filsafat adalah ilmu dasar , ilmu dari segala ilmu, atau sumber ilmu yang dicari kebenaran dari seluruh kenyataan atau perisyiwa yang dialami oleh manusia.
B. Pengertian Ilmu
Ilmu
Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui, segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran) (Tim penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002).
Pengetahuan ialah merupakan hasil “tahu” dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca  indera manusia yaitu : indera penglihatan, pendengaran, penciuman,  rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. (Soekidjo, Notoadmodjo 2003)

Jadi, kesimpulan yang dapat saya ambil tentang pengertian ilmu adalah segala sesuatu yang diketahui yang didapat setelah melakukan penelitian terlebih dahulu. atau ilmu adalah segala sesuatu yang diketahui berdasarkan fakta.

C. Pengertian Ilmu Pengetahuan
ilmu pengetahuan adalah sebuah sarana atau definisi tentang alam semesta yang diterjemahkan kedalam bahasa yang bisa dimengerti oleh manusia sebagai usaha untuk mengetahui dan mengingat tentang sesuatu. 
ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia
 Menurut DR. Moh. Hatta ilmu pengetahuan adalah pengetahuan atau studi yang teratur tentang hukum umum, sebab- akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama, baik menurut kedudukannya maupun menurut hubungannya.

Jadi,  kesimpulannya ilmu pengetahuan adalah definisi tentang alam yang diterjemahkan kedalam bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia berdasarkan kenyataan dan dibuat untuk meningkatkan pemahaman manusia tentang alam semesta. 

Persamaan dari Ketiga hal diatas:
*      Ketiganya mencari rumusan dengan cara menyelidiki objek dengan selengkap lengkapnya hingga keakar – akarnya.
*      Ketiganya memberikan pandangan yang saling berketergantungan
*      Ketiganya menjelaskan tentang kenyataan seluruhnya timbul dari hasrat manusia, tentang pengetahuan yang mendasar




Perbedaan dari Ketiga hal diatas :
v  Pengetahuan mencoba merumuskan pertanyaan atas jawaban, memandang obyek hanya secara umum. Obyek penelitiannya terbatas, hanya bertugas memberikan jawaban.
v  Filsafat cenderung kepada hal yang dipelajari dari sebuah buku panduan, berusaha mengintegrasikan ilmu- ilmu.
v  Ilmu Pengetahuan ilmu pengetahuan adalah definisi eksperimental, ilmu pengetahuan dapat sampai pada kebenaran melalui kesimpulan logis.

D. Pengertian Mitos
v  Mitos (bahasa yunani: μῦθοςmythos) atau mite (bahasa belanda : mythe) adalah ceritaprosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.  Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya.  Mitos dapat timbul sebagai peristiwa yang dilebih- lebihkan , sebagai alegori  atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual.  Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.
Contoh dari mitos :
 

  •  Hewan Tengah Laut terlihat dibibir pantai mitos ini sudah ada pada zaman romawi kuno, jadi jika ada hewan laut seperti lumba lumba atau paus mendekat ke bibir pantai maka itu mendadakan ditempat atau wilayah tersebut maka akan terjadi bencana. sedangkan di Australia kuno jika hewan laut tersebut berkeliaran dan mengeluarkan suara yang menyedihkan itu adalah tanda tanda akan terjadi bencana.

  •  Anak Gadis yang belum menikah atau masih perawan dilarang makan makanan asam/ rujak jika sudah sore hari atau setelah waktu ashar, karena akan berdampak pada saat dia mau menikah nanti. pernikahannya akan mengalami kehambatan.








E. Pengertian Legenda
 Legenda adalah , peristiwa yang dianggap benar-benar terjadi tetapi tidak dianggap suci dan oleh yang empu- nya cerita sebagai suatu yang benar-benar terjadi dan juga telah dibumbui dengan keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokohnya. Legenda ditokohi oleh manusia, ada kalanya mempunyai sifat-sifat luar biasa dan sering kali juga dihubungkan dengan makhluk ajaib. Peristiwanya bersifat sekuler (keduniawian), dan sering dipandang sebagai sejarah kolektif. Oleh karena itu,  legenda seringkali dipandang sebagai ”sejarah” kolektif (folkstory).  Walaupun demikian, karena tidak tertulis maka kisah tersebut  telah mengalami distorsi sehingga seringkali jauh berbeda dengan  kisah aslinya. Oleh karena itu, jika legenda hendak dipergunakan  sebagai bahan untuk merekonstruksi sejarah maka legenda harus  bersih dari unsur-unsur yang mengandung sifat-sifat folklor.

Contoh Legenda :
Batu Menangis ( Kalimantan Barat )
Pada jaman dahulu kala, di sebuah daerah terpencil di Kalimantan Barat hiduplah seorang ibu, dan putrinya. ibu itu janda karena ditinggal oleh suaminya meninggal dunia. putrinya benama darmi. ibu dan anak itu hidup miskin. ibu darmi bekerja sebagai buruh  tani pada ladang oranglain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. sementara putrinya, darmi hanya bermalas malasan dirumah. dioa hanya bisa meminta kepada ibunya saja. sampai pada suatu hari, sang anak meminta sang ibu membelikan alat kecantikkan. tetapi sang ibu tidak mengetahuinya, dengan dipaksa sang ibu akhirnya darmi mau diajak kepasar tetapi dengan syarat sang ibu harus berjalan dibelakangnya. saat dijalan ia bertemu dengan temannya dan ia tidak mengakui ibunya. ia bilang kepada temannya kalau ibunya itu adaalah pembantunya. maka sang ibu pun merasa sedih dan sudah tidak sanggup menahan rasa sakit hati terhadap ucapan anaknya tersebut.  lalu sang ibu duduk ditepi jalan, dan berdoa " Ya Tuhan aku sudah tidak sanggup dengan sikap anakku yang durhaka ini, maka berilah dia hukuman yang setimpal" seketika langit menjadi mendung lalu darmi tiba tiba merasa kalau kakinya tidak bisa digerakkan, ia menangis dan meminta maaf sambil menangis kepada sang ibu namun semuanya sudah percuma ia tetap menjadi berubah menjadi batu.  orang orang tersebut menyebutnya BATU MENANGIS.




F. Pengertian Cerita Rakyat
Cerita rakyat adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa.

Contoh Cerita Rakyat :
ASAL MUASAL KARANG BOLONG
 
Beberapa abad yang lalu tersebutlah Kesultanan Kartasura. Kesultanan sedang dilanda kesedihan yang mendalam karena permaisuri tercinta sedang sakit keras.

Pangeran sudah berkali-kali memanggil tabib untuk mengobati sang permaisuri, tapi tak satupun yang dapat mengobati penyakitnya. Sehingga hari demi hari, tubuh sang permaisuri menjadi kurus kering seperti tulang terbalutkan kulit.

Kecemasan melanda rakyat kesultanan Kartasura. Roda pemerintahan menjadi tidak berjalan sebagaimana mestinya. "Hamba sarankan agar Tuanku mencari tempat yang sepi untuk memohon kepada Sang Maha Agung agar mendapat petunjuk guna kesembuhan permaisuri," kata penasehat istana.

Tidak berapa lama, Pangeran Kartasura melaksanakan tapanya. Godaan-godaan yang dialaminya dapat dilaluinya. Hingga pada suatu malam terdengar suara gaib.

"Hentikanlah semedimu. Ambillah bunga karang di Pantai Selatan, dengan bunga karang itulah, permaisuri akan sembuh."

Kemudian, Pangeran Kartasura segera pulang ke istana dan menanyakan hal suara gaib tersebut pada penasehatnya.

"Pantai selatan itu sangat luas. Namun hamba yakin tempat yang dimaksud suara gaib itu adalah wilayah Karang Bolong, di sana banyak terdapat gua karang yang di dalamnya tumbuh bunga karang," kata penasehat istana dengan yakin.


Keesokannya, Pangeran Kartasura menugaskan Adipati Surti untuk mengambil bunga karang tersebut. Adipati Surti memilih dua orang pengiring setianya yang bernama Sanglar dan Sanglur. Setelah beberapa hari berjalan, akhirnya mereka tiba di karang bolong. Di dalamnya terdapat sebuah gua. Adipati Surti segera melakukan tapanya di dalam gua tersebut. Setelah beberapa hari, Adipati Surti mendengar suara seseorang.

"Hentikan semedimu. Aku akan mengabulkan permintaanmu, tapi harus kau penuhi dahulu persyaratanku."

Adipati Surti membuka matanya, dan melihat seorang gadis cantik seperti Dewi dari kahyangan di hadapannya. Sang gadis cantik tersebut bernama Suryawati. Ia adalah abdi Nyi Loro Kidul yang menguasai Laut Selatan.


Syarat yang diajukan Suryawati, Adipati harus bersedia menetap di Pantai Selatan bersama Suryawati.

Setelah lama berpikir, Adipati Surti menyanggupi syarat Suryawati. Tak lama setelah itu, Suryawati mengulurkan tangannya, mengajak Adipati Surti untuk menunjukkan tempat bunga karang. Ketika menerima uluran tangan Suryawati, Adipati Surti merasa raga halusnya saja yang terbang mengikuti Suryawati, sedang raga kasarnya tetap pada posisinya bersemedi.

"Itulah bunga karang yang dapat menyembuhkan Permaisuri," kata Suryawati seraya menunjuk pada sarang burung walet.

Jika diolah, akan menjadi ramuan yang luar biasa khasiatnya. Adipati Surti segera mengambil sarang burung walet cukup banyak. Setelah itu, ia kembali ke tempat bersemedi. Raga halusnya kembali masuk ke raga kasarnya.

Setelah mendapatkan bunga karang, Adipati Surti mengajak kedua pengiringnya kembali ke Kartasura. Pangeran Kartasura sangat gembira atas keberhasilan Adipati Surti.

"Cepat buatkan ramuan obatnya," perintah Pangeran Kartasura pada pada abdinya. Ternyata, setelah beberapa hari meminum ramuan sarang burung walet, Permaisuri menjadi sehat dan segar seperti sedia kala. Suasana Kesultanan Kartasura menjadi ceria kembali. Di tengah kegembiraan tersebut, Adipati Surti teringat janjinya pada Suryawati. Ia tidak mau mengingkari janji. Ia pun mohon diri pada Pangeran Kartasura dengan alasan untuk menjaga dan mendiami karang bolong yang di dalamnya banyak sarang burung walet. Kepergian Adipati Surti diiringi isak tangis para abdi istana, karena Adipati Surti adalah seorang yang baik dan rendah hati.


Adipati Surti mengajak kedua pengiringnya untuk pergi bersamanya. Setelah berpikir beberapa saat, Sanglar dan Sanglur memutuskan untuk ikut bersama Adipati Surti.

Setibanya di Karang Bolong, mereka membuat sebuah rumah sederhana. Setelah selesai, Adipati Surti bersemedi. Tidak berapa lama, ia memisahkan raga halus dari raga kasarnya.

"Aku kembali untuk memenuhi janjiku," kata Adipati Surti, setelah melihat Suryawati berada di hadapannya.

Kemudian, Adipati Surti dan Suryawati melangsungkan pernikahan mereka. Mereka hidup bahagia di Karang Bolong. Di sana mereka mendapatkan penghasilan yang tinggi dari hasil sarang burung walet yang semakin hari semakin banyak dicari orang.





daftar pustaka:
http://sulviagushandayani.blogspot.com
 http://psvk7khamis.wordpress.com/tema-4/warisan-kepelbagaian-budaya-malaysia/cerita-rakyat-pelbagai-kaum/cerita-rakyat-kaum-india/ 
 http://www.kolomayah.info/cerita-rakyat.html
 


Komentar

Postingan Populer